<a href="http://hilmantan.blogspot.com/">Hilmantan.com - Tempat Kumpulnya Manusia-Manusia Kesepian</a> <a href="http://example.com">The Amazing World of Gumball: Tontonan yang Cocok Buat Para Jomblo!</a> <a href="http://hilmantan.blogspot.com/2014/03/visiting-jogja-part-1.html">Visiting Jogja! - Field Report Si Mantan Waktu ke Jogja</a> <a href="http://example.com">Kairosoft: Game Addictive Untuk Smartphone</a>

Aspek Teknologi dan Bisnis Dalam Game

Unknown | 11:43 | | | |
Aspek Teknologi dan Bisnis Dalam Game

Halo semua, kali ini postingan yang saya buat akan membahas tentang aspek-aspek dasar mengenai bisnis dalam game. Di zaman yang serba canggih ini teknologi game merupakan hal yang digadang-gadangkan akan berkembang sangat pesat bukan hanya untuk kalangan tertentu saja tetapi untuk semua orang. Game di era sekarang diperuntukan bukan hanya untuk hiburan semata tetapi juga bisa untuk menciptakan bisnis, oleh karena itu untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Pengantar Teknologi Game, saya akan mengulasnya pada postingan kali ini, selamat membaca.

Teknologi Game Industri Game memang bisa menjadi pilihan dimana Game tidak hanya dimainkan oleh anak-anak tetapi hingga kalangan dewasa-pun ikut senang memainkan Game, itu semua dikarenakan terjangkaunya perangkat Game serta jumlah Video Game yang semakin banyak dirilis. Bisnis/Usaha Industri Game memang kelihatan menjanjikan keuntungan karena banyaknya penggemar Game, dalam aspek bisnis setidaknya ada 4 aspek dasar yakni :

1. Modal Awal
2. Biaya Operasional
3. Keuntungan (Laba), dan
4. Modal Investasi Kedepan

Jenis Industri Game memang cukup banyak seperti Warnet/Internet Cafe, Game Center, Mobile Game, Game PC, Konsol Game, Game Online, dsb. Berikut ini Aspek Bisnis dalam Industri Game :

Warung Internet (Warnet) / Internet Cafe 

 


  • Modal Awal Dalam memulai bisnis/usaha tentu seseorang harus memiliki modal awal, tanpa modal awal tidak ada bisnis yang bisa dibuka. Tentukan modal awal yang dapat dijangkau untuk memulai usaha warnet. 
  • Sasaran Menentukan sasaran warnet seperti misalnya hanya untuk gaming yang biasanya tidak menyediakan layanan print, scanning, pengetikkan, dsb. Contoh sasaran lainnya untuk umum yang menyediakan layanan print, scanning, pengetikkan, dsb serta bisa menggabungkan antara dua hal tersebut. 
  • Spesifikasi & Jumlah Komputer Tentukan spesifikasi dan jumlah komputer yang disediakan, dengan spesifikasi komputer yang bagus dan tangguh jelas akan membuat pengunjung merasa nyaman menggunakan komputer. 
  • Biaya Operasional Biaya operasional seperti listrik ditentukan dari jumlah komputer yang ada, fasilitas yang tersedia, air dan maintenance (perawatan) untuk setiap komputer/perangkat yang mengalami kerusakan. 
  • Koneksi Internet Menentukan Provider dan pilihan paket Internet yang cocok untuk keperluan bisnis seperti warnet, provider internet biasanya memiliki kebijakan, pilihan kecepatan dan harga yang berbeda. 
  • Fasilitas Menentukkan fasilitas sebain dan senyaman mungkin yang tersedia didalam warnet seperti misalnya warnet menggunakan kursi/bantal untuk duduk, tempat parkir, menggunakan meja tinggi atau meja rendah, menyediakan toilet, menggunakan AC atau kipas, menjual Air Mineral dan Makanan Ringan, menjual Voucher Game, dsb. 

Rental PS

 


  • Menentukkan Modal untuk membeli TV dan jumlah konsol Menentukkan modal awal untuk membeli TV yang ingin digunakan seperti TV LCD atau LED dengan ukuran kecil atau bahkan dengan ukuran besar serta menentukkan jumlah konsol yang disediakan dirental. 
  • Biaya Operasional Biaya operasional seperti listrik, air, dsb ditentukan dari banyak jumlah konsol yang digunakan dan fasilitas yang ada di Rental. 
  • Fasilitas Merancang fasiltas senyaman mungkin untuk pelanggan agar betah dan kembali lagi seperti misalnya menggunakan AC, menyediakan toilet, tempat parkir yang baik dan terpantau, menjual Air Mineral dan Makanan, menggunakan Kursi atau bantal sebagai tempat duduk, dsb.

Game Online

 


  • Menyelenggarakan Event Event menjadi hal yang menarik bagi pemain Game Online karena biasanya dalam suatu Event harga item/barang-barang langka yang dibeli dengan mata uang asli diberi diskon/diberi secara gratis dengan berbagai cara yang unik untuk mendapatkannya. Event yang kelihatannya memberi keuntungan besar bagi pemain akan sangat diminati oleh pemain Game Online. 
  • Mengadakan Turnamen Mengikuti turnamen bagi para pemain Game Online memang hal yang luar biasa karena dengan turnamen para pemain Game Online bisa menunjukkan kemampuannya didalam Game. Hadiah dari suatu turnamen biasanya mencapai jutaan bahkan puluhan juta, cakupan turnamen bisa menjadi lebih luas seperti turnamen Game Online antar negara jika peminat turnamen itu sangat banyak. 
  • Item resmi yang dijual dengan Mata uang asli Sudah bukan hal biasa didalam Game Online pengembang Game menyediakan item/perlengkapan yang dapat dibeli menggunakan mata uang asli melalui sejenis voucher. Biasanya harga item/perlengkapan tersebut bervariasi, semakin bagus efek yang dimiliki atau semakin dibutuhkannya item tersebut bisa didapat dengan harga mahal. 
  • Jual-beli ilegal dengan Mata uang asli Dalam game online sudah biasa sulitnya mencari item/barang langka dan Uang didalam Game itu sehingga pemain yang memiliki banyak item langka dan Uang sering menjualnya dengan mata uang asli kepada pemain yang membutuhkan. Biasanya transaksi dilakukan dengan saling bertemu untuk menghindari aksi penipuan didalam Game, padahal, hal seperti ini dilarang oleh developer dengan alasan menghindari aksi penipuan serta memberi hukuman kepada pembeli dan penjual. 

 

ASPEK TEKNOLOGI DALAM GAME


Saat ini keberadaan game di Indonesia sudah menjamur bak pasir di gurun pasir, yang sudah sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan penikmatnya seperti aspek sosial, agama, psikis bahkan sampai pola hidup. Game bekembang pesat seiring pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, tuntutan pasar semakin tinggi dan tidak luput juga tuntutan kapitalisme memboncengi dibelakangnya. Tidak hanya di negara barat sebagai pusat industri, kini pertumbuhan game, baik dari segi produsen maupun konsumen juga mulai merambah ke pasar pasar yang lebih luas termassuk salah satunya Indonesia.


Jenis Konsol Game

 

 

Dari zaman ke zaman terdapat perkembangan di dunia mainan ini, beberapa diantaranya kalah bersaing lalu tenggelam, ada juga yang masih bertahan, beberapa diantaranya adalah

Game Cube
Lebih dikenal dengan konsol game yang menonjolkan karakter yang lucu, lebih tepatnya Nitendo atau jenis mesin game yang muncul dibawah perkembangan dunia game.

PS1 dan PS2 Konsol
game yang satu ini mampu memberikan visualilasi yang menarik serta mempunyai keunggulan dari segi jenis permainannya yang lebih variatif dari pada pendahulnya.


Sifat Game 


Offline
Contoh-contoh yang telah disebutkan diatas, seperti nitendo ataupun playstation merupakan contoh game yang bersifat offline yang dapat dimainkan tanpa jaringan nirkabel atau mudahnya permainan ini bersifat lokal yang dengannya seseorang tidak harus membutuhkan jaringan internet

Online Era
cyberspace telah mempengaruhi perubahan disegala aspek yang salah satunya adalah pola komunikasi yang terjadidalam dunia game. Ini menjadi hal yang sangat menaik ketika seoranggamers mampu bertatap muka, bergaul, bertukar pikiran, bahkan sampai ke level bersaing. Game Online menjadi pembicaraan hangat di awal tahun millenium, yang sejak itu telahmelahirkan generasi pecandu game di berbagai belahan dunia. Dunia game yang satu ini bersifat luas dari segi interaksi khalayak yang dimana sanggup menjadi magnet para pecandu game untuk mencoba sensasinya. Berbeda ketika disandingkan game offline yang hanya bersifat dua atau maksimal hanya sampai lima orang dalam hal game interaction.


Kekurangan dan Kelebihan 


Membahas mengenai dampak game tidak terlepas dari baik dan buruk, disini kita akan mebahas apa saja dampak yang ditimbulkan, sehingga kita bias menimbang-nimbang penting gak sih game untuk remaja dan anak-anak kita, langsung saja menurut penelitian dari berbagai Negara maju hasil posifnya yaitu :

1. Memainkan video game membuat anak mengenal teknologi computer.
2. Game dapat memberikan pelajaran dalam hal mengikuti arahan dan aturan.
3. Beberapa game menyediakan latihan untuk pemecahan masalah dan loika.
4. Game menyediakan latihan penggunaan saraf motorik spatial skill.
5. Game menjadi sarana keakraban antara orang tua dan anak ketika bermain bersama.
6. Game mengenalkan teknologi dan berbagai fiturnya.
7. Beberapa game mampu menyediakan sarana penyembuhan untuk pasien tertentu.
8. Game menghibur dan menyenangkan.

Banyak pilihan untuk kita pilih, dunia game menawarkan game yang menarik tetapi sejatinya merusak ataupun juga menarik tetapi tidak merusak seperti contoh game yang berjudul Harvest Moon yang mengajarkan bagaimana seseorang yang taat kepada orang tuanya, rajin bekerja, menghargai waktu, menyayangi binatang, mengajarkan arti tanggung jawab yang sangat sedikit sekali game seperti ini beredar. Contoh lain dari game yang menarik namun merusak seperti permainan yang memperlihatkan adegan pembunuhan, pelecehan seksual, ataupun pelanggaran tata tertib seperti, resident evil, GTA, 7 sins ataupun Playboy the mansion.

Dampak positif yang telah dipaparkan masih bersifat umum, darimana kita memandangnya maka persepsi itu akan lahir. Sejatinya, pemilihan game yang baik akan berdampak juga terhadap baiknya jasmani dan rohani seseorang yang memainkannya.


Konsep Game

 


  1. Generasi Pertama Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT). Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope. Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
  2. Generasi Kedua Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong. Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang. Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope. Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.

Jenis Game Komputer 

 

 

  1. Simulasi/Virtual Reality: Simulasi adalah jenis permainan game simulasi tanpa tujuan yang pasti dari apa yang ingin dilakukan diserahkan kepada pemain. 
  2. Education: merupakan jenis permainan yang dapat digunakan pula untuk belajar para siswa yang menggunakannya. 
  3. Entertainment: jenis game ini merupakan jenis game yang dapat dimainkan oleh 1 orang atau lebih . 
  4. User: Game ini tidak hanya untuk anak-anak saja namun game ini jg banya dimainkan oleh orang remaja dan dewasa. 
======================================================================
Sumber:
http://danielim7.blogspot.com/2013/10/5-aplikasi-pembuat-game-terbaik.html
http://mediakita.com/Kabar/Tanya-Jawab-Seputar-Pembuatan-Game-Komputer.html
http://prayudi.wordpress.com/2008/05/15/serious-game/
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/teori-macam-macam-game-komputer.html
http://ressa-stis49.blog.friendster.com/2008/02/semua-tentang-perkembangan-games/
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori-permainangame.html
http://www.diskusiweb.com/viewthread.php?tid=16180